Thursday, August 11, 2011

Italia Kalahkan Spanyol 2-1

Italia
Italia akhirnya berhasil membalas kekalahan di Euro 2008 lalu dimana pada pertandingan persahabatan Italia mengalahkan Spanyol dengan skor tipis 2-1 melalui gol Montolivo dan Aquilani.

Dalam laga yang dihelat di San Nicola, Kamis (11/8/2011) dinihari WIB, Italia unggul lebih dulu lewat gol Ricardo Montolivo sebelum disamakan penalti Xabi Alonso. Gol kemenangan juara dunia 2006 dihasilkan Alberto Aquilani.

Bagi Spanyol yang adalah juara dunia 2010, kekalahan ini adalah yang pertama dalam 9 bulan terakhir setelah pada bulan November lalu, takluk 0-4 dari Portugal.

Jalannya pertandingan

Sebelas menit laga berjalan Italia berhasil unggul lebih dulu. Kesalahan Andoni Iraola dalam memotong crossing datar Domenico Cristico membuat Montolivo dengan mudah melambungkan bola melewati hadangan Iker Casillas.

Setelahnya Italia seperti mampu mendominasi jalannya laga dan Spanyol berada di bawah tekanan. Mereka pun harus kehilangan Fernando Torres yang mengalami benturan di kepalanya dan harus digantikan Fernando Llorente.

Peluang pertama Spanyol hadir lewat sepakan David Silva yang masih membentur salah seorang pemain Italia dan menghasilkan korner.

Casillas kembali berjibaku menyelamatkan gawangnya di menit ke-31 saat tembakan keras Giuseppe Rossi menerpa kakinya.

Spanyol menyamakan kedudukan di menit ke-37 setelah Llorente dijatuhkan di kotak penalti dan berbuah penalti. Alonso yang maju sebagai eksekutor sukses menyarangkan bola ke jala Gianluigi Buffon.

Dua menit setelahnya Italia kembali mengancam kali ini tembakan Antonio Cassano dari jarak 12 yard berhasil ditepis Casillas dan semenit jelang turun minum, tandukan penyerang AC Milan itu hanya melenceng tipis.

Di babak kedua permainan kedua tim seimbang meski Spanyol lebih dominan menciptakan peluang.

Di menit ke-62 tembakan keras Llorente yang membentur salah seorang pemain Italia, berhasil ditepis susah payah oleh Buffon. Di menit ke-81 tembakan Juan Mata masih belum menemui sasaran.

Aquilani! Di menit ke-84 gelandang asal Liverpool itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan membentur kaki Raul Albiol sebelum menaklukkan Victor Valdes.

Dua menit sebelum laga habis, David Villa melepaskan tembakan setengah voli namun masih melebar dari sasaran.

Susunan pemain

Italia: Buffon; Maggio, Ranocchia (Bonucci 77), Chiellini, Criscito; De Rossi (Aquilani 65), Pirlo, Thiago Motta (Marchisio 46); Montolivo (Nocerino 74); Cassano (Balotelli 59), Rossi (Pazzini 59)

Spanyol: Casillas (Valdes 46); Iraola (Thiago Alcantara 46), Piquè (Sergio Busquets 45), Albiol, Arbeloa; Javi Martinez, Xabi Alonso, Iniesta (Villa 46); Cazorla (Mata 79), Torres (Llorente 14), Silva

Sumber : Detiksport

No comments: