Thursday, December 02, 2010

Debut Manis Irfan Bachdim dan Christian Gonzales di Piala AFF

Pertandingan resmi kompetitif di Piala AFF menjadi debut manis bagi pemain anyar timnas Indonesia Christian Gonzales dan Irfan Bachdim. Menghadapi Malaysia di Stadion Gelora Bung Karno pada 01/12 kemarin benar-benar sebuah pertandingan yang special bagi keduanya. Permainan yang gemilang dari Gonzales dan Irfan Bachdim berbuah masing-masing sebuah gol. Gonzales mencetak gol di babak pertama yang membuat Indonesia leading 2-1 dan Irfan Bachdim mencetak gol pamungkas di masa injury time babak kedua sehingga Indonesia unggul telak 5-1.

Beberapa kali Gonzales merepotkan bek Malaysia dalam duel bola-bola atas dan sebagai tembok di lini depan. Sedangkan beberapa kali Irfan Bachdim melakukan pergerakan berbahaya dan melepaskan tembakan yang mengancam gawang Malaysia. Namun sebelum perhelatan Piala AFF 2010 yang baru kick-of Rabu (1/12/2010) kemarin, mungkin nama Irfan tak terlalu dikenal luas. Mungkin hanya segelintir yang ngeh dengan sosoknya, atau sekadar tahu sepintas lalu kalau ia merupakan satu dari sekian pemain keturunan Indonesia-Belanda. Irfan sendiri kini sudah bermain di 'Tanah Air' untuk membela klub Indonesia Super League Persema Malang yang meminangnya awal musim ini. Dengan ilmu sepak bola yang ia timba di Belanda, pemuda 22 tahun itu pun dengan cepat memberikan kesan bagus.

Setelah tampil apik bersama Persema, ia pun langsung mendapat tempat di tim utama klub asuhan pelatih Timo Scheumann itu. Performa Irfan juga mencuri perhatian Alfred Riedl yang menangani timnas. Ia pun lantas mendapat kesempatan berseragam 'Merah Putih'.

Debutnya diawali saat melawan Timor Leste dan dilanjutkan di laga versus Taiwan pertengahan bulan ini, keduanya dalam partai ujicoba. Meski tak mencetak gol, penampilan Irfan kala itu sepertinya cukup mengundang decak kagum dari Riedl.

Walhasil, Riedl memasangnya sebagai starter dalam laga perdana Grup A Piala AFF kontra Malaysia. Hasilnya? Irfan tampil cemerlang selama 90 menit laga dan turut menyumbang satu dari lima gol kemenangan Indonesia dalam partai yang berkesudahan 5-1 itu.

Duetnya dengan pemain naturalisasi Cristian Gonzales membuat pertahanan Malaysia kocar-kacir. Pergerakan Irfan yang dinamis hingga ke seluruh penjuru lapangan membuat para pemain 'Negeri Jiran' kerepotan menjaganya.

Lanjutkan permainan impresifmu Gonzales dan Irfan Bachdim.

No comments: