Monday, June 13, 2011

Button Menangi GP Kanada

Jenson Button
GP Kanada yang berlangsung kacau karena turunnya hujan lebat dan banyaknya kecelakaan, akhirnya dimenangi oleh Jenson Button. Ini adalah kemenangan pertamanya di musim ini.

Karena hujan yang turun di pagi hari dan lintasan masih sangat basah, balapan dimulai dengan panduan safety car. Butuh empat lap sebelum balapan akhirnya bisa berjalan dengan normal.

Fernando Alonso langsung mencoba menyalip Sebastian Vettel sesaat setelah race dimulai, usaha tersebut gagal karena Vettel bisa mempertahankan posisinya. Di belakangnya terjadi insiden yang melibatkan Mark Webber dan Lewis Hamilton saat keduanya bersenggolan dan membuat Red Bull milik Webber berbalik arah, meski tetap bisa melanjutkan race.

Hamilton kembali nyaris terlibat insiden saat mencoba membalap Michael Schumacher namun gagal dan mobilnya justru melebar. Satu lap kemudian (8) Hamilton lagi-lagi gagal ketika berusaha menyalip Jenson Button.

Kali ini nasib buruk mendatangi Hamilton. Menyentuh bagian belakang mobil rekannya, McLaren tunggangan Hamilton menyerempet pembatas lintasan yang membuat suspensi serta ban belakanganya mengalami kerusakan parah. Dia pun out, dan safety car kembali turun ke lintasan.

Karena trek mulai mengering Button mengganti ban intermediate, namun lantaran drive through penalty karena melanggar batas kecepatan dia sempat terlempar ke posisi 16. Langkah mengganti ban intermediate kemudian diikuti Alonso dan beberapa pembalap lain.

Namun penggantian tersebut ternyata tak tepat karena hujan justru turun sangat deras hingga memaksa safety car kembali menengahi balapan di lap 20. Lima putaran kemudian race director memutuskan menghentikan balapan sementara karena hujan yang semakin deras dan genangan air yang semakin banyak di lintasan.

Butuh waktu dua jam sebelum hujan reda, lintasan dianggap layak digunakan dan balapan bisa dilanjutkan kembali. Restart dilakukan safety car kembali turun ke lintasan, sementara posisi pembalap lima besar berturut-turut adalah Vettel, Kobayashi, Massa, Heidfeld dan Petrov.

Safety car bertahan di lintasan sampai lap 34 dan Massa langsung mencoba menyalip Kobayashi sesaat setelah balapan dimulai kembali. Upaya tersebut gagal karena Kobayashi gigih mempertahankan posisinya.

Memasuki lap 37 Alonso harus menyudahi balapan setelah bersenggolan dengan Button. Kejadian ini membuat mobil Button rusak meski dia masih bisa kembali ke pit dan mendapat perbaikan untuk terus membalap.

Setelah berhasil mempertahankan posisi dua cukup lama, Kobayashi harus turun ke urutan tiga di lap 52 setelah disusul Schumi. Tak lama berselang posisi pembalap Jepang itu kembali disalip Massa yang naik ke posisi tiga. Sementara di posisi terdepan, Vettel masih belum tergoyahkan.

Saat balapan tersisa enam lap terjadi pertarungan sengit memperebutkan posisi dua yang melibatkan Schumacher, Webber dan Button. Setelah beberapa kali terlibat saling salip, Button berhasil mengalahkan dua seterunya itu dan duduk di posisi kedua saat balapan menyisakan lima lap.

Juara dunia 2009 itu kemudian memberikan pertunjukan luar biasa dengan McLarennya. Masih tertinggal tiga detik lebih saat balapan tersisa empat lap, Button berhasil terus merapatkan jaraknya dengan Vettel. Selisih keduanya hanya 0,9 detik di lap 68.

Memasuki final lap Button terus memberi tekanan. Dan kesalahan yang dibuat Vettel saat mobilnya melintir di sebuah tikungan menjadi moment penentu pembalap Inggris itu. Berhasil merebut posisi terdepan, Button tak terhindarkan untuk meraih gelar juara.

No comments: