Sunday, May 08, 2011

Vettel Juara GP Turki

Sebastian Vettel
Sebastian Vettel tampil konsisten dan akhirnya merebut podium pertama di GP Turki.
Balapan GP Turki sendiri berlangsung menarik dengan ditandai maraknya aksi susul-menyusul antar pembalap.

Memang tidak ada insiden kecelakaan, tapi balapan yang berlangsung selama 58 lap itu, Minggu (85/2011) berlangsung seru. Baik di barisan depan, tengah sampai belakang, ada saja aksi kejar-kejaran yang enak untuk dilihat penonton.

Nico Rosberg memenuhi janjinya untuk mengalahkan Mark Webber saat start. Ia berhasil menyodok pembalap Australia itu, merangsek ke posisi dua di belakang Vettel yang berhasil mengamankan posisinya sebagai pemegang pole.

Lewis Hamilton memulai balapan dengan kurang baik, melebar dan melorot ke peringkat enam, di belakang rekan setimnya Jenson Button dan Fernando Alonso. Start yang menarik.

Sergio Perez sudah harus masuk pitstop di lap kedua untuk mengganti hidung depan mobil Sauber-nya yang rusak karena benturan. Hal serupa dialami Michael Schumacher yang dilabrak Vitali Petrov saat menikung. Schumi cukup "beruntung" karena insiden itu terjadi di depan jalur pitlane sehingga tak perlu menunggu untuk segera mengganti bagian depan Mercedes-nya.

Sementara itu Webber tampak bernafsu pada Rosberg dan memberi pressure pada rivalnya itu. Di lap keenam ia berhasil mengalahkan Rosberg di trek lurus. Rosberg malah dikalahkan pula oleh Fernando Alonso di lap berikutnya.

Pertarungan antarpembalap top terjadi pula di kubu McLaren. Di lap kedelapan Jenson Button berhasil mencuri celah untuk menyalip Hamilton. Posisi terdepan sampat saat itu adalah Vettel, Webber, Alonso, Rosberg, Button, Lewis, dan Massa.

Di lap 10 Massa dan Hamilton berbarengan masuk pitstop, Hamilton berhasil keluar lebih dulu dengan sangat tipis. Adu cepat pitstop juga terjadi antara Webber dan Alonso, tapi Webber menang dan tetap keluar lebih dulu.

Vettel masuk pitlane di lap 12 dan hal itu membuat Button mengambil alih pimpinan lomba. Vettel keluar di posisi kedua, diikuti Webber dan Kamui Kobayashi.

Dua pembalap Renault, Nick Heidfeld dan Petrov, terlibat senggolan wheel to wheel di tikungan. Button masuk pitstop di lap 13, Vettel memimpin lagi. Rosberg kembali dikalahkan, kali ini oleh Hamilton.

Di lap 15 Schumacher terjebak di antara Kobayashi dan Adrian Sutil, dan harus turun satu peringkat. Sementara itu Webber terus melakukan percepatan dan tinggal berjarak tiga detik dengan Vettel.

Massa dan Rosberg terlibat susul-menyusul di lap 22, dan Massa menang. Button mengikuti jejak Massa untuk mengambil posisi kelima. Rosberg “menyerah” dan masuk pitstop.

Vettel mulai melepaskan diri dari lawan-lawannya dan setelah melakoni pitstop keduanya di lap 26 pun masih berada di depan, unggul delapan detik dari Webber.

Sampai saat itu balapan masih diwarnai aksi kejar-kejaran antarpembalap. Yang terbaik adalah ketika Alonso memburu Webber di lap 30 dan setelah beberapa detik berhasil menyalip pembalap Australia itu, dan menjadi pembalap terdepan kedua di belakang Vettel.

Sampai 43 putaran, hanya Timo Glock yang out setelah ada masalah dengan Virgin-nya sebelum balapan, dan dia batal start. Paul di Resta akhirnya menjadi pembalap kedua yang out, setelah mobil Force India-nya kandas.

Kembali ke Vettel, ia sudah bisa diperkirakan menang setelah melakoni pitstop lagi di lap 48 dan lawan-lawannya terlalu jauh di belakang. Praktis ia tinggal bermain aman supaya tidak dihampiri kesialan.

Kecuali Vettel, kejar-kejaran di antara beberapa pembalap masih berlangsung, salah satunya Rosberg, Schumacher, dan Heidfeld saat memperebutkan tempat kesembilan.

Sementara itu, mulai tampak adanya episode duel Alonso melawan Webber. Alonso yang di lap 50 masih di posisi kedua, semakin tampak didekati Webber. Puncak pertarungan mereka terjadi di lap 52.

Webber yang cukup sabar mengintai, begitu kencangnya di trek lurusk, dan ketika menikung ia berhasil mengalahkan Alonso. Alonso tampak gusar, tidak mau mengalah begitu saja. Ia sempat menutup jalan buat Webber, tapi tidak berhasil.

Setelah dilewati, Alonso masih berjuang. Keduanya pun berduel sengit di beberapa tikungan, tapi Webber tidak berhasil dikalahkan lagi oleh Alonso. Alonso paling tidak untuk pertama kalinya di musim ini bisa mencapai podium (nomor tiga).

Juara di seri sebelumnya, Hamilton, harus puas di tempat keempat, diikuti Rosberg, Button, Heidfeld, Petrov, Sebastien Buemi dan Kobayashi.

Hasil GP Turki 2011:

1. Sebastian Vettel (Germany) RedBull - Renault 1:30:17.558
2. Mark Webber (Australia) RedBull - Renault +00:08.807
3. Fernando Alonso (Spain) Ferrari 00:10.075
4. Lewis Hamilton (Britain) McLaren 00:40.232
5. Nico Rosberg (Germany) Mercedes 00:47.539
6. Jenson Button (Britain) McLaren 00:59.431
7. Nick Heidfeld (Germany) Renault 01:00.857
8. Vitaly Petrov (Russia) Renault 01:08.168
9. Sebastien Buemi (Switzerland) Toro Rosso-Ferrari 01:09.394
10. Kamui Kobayashi (Japan) Sauber - Ferrari 01:18.021
11. Felipe Massa (Brazil) Ferrari 01:19.823
12. Michael Schumacher (Germany) Mercedes 01:25.444
13. Adrian Sutil (Germany) Force India - Mercedes 1 lap
14. Sergio Perez (Mexico) Sauber - Ferrari 1 lap
15. Rubens Barrichello (Brazil) Williams - Cosworth 1 lap
16. Jaime Alguersuari (Spain) Toro Rosso - Ferrari 1 lap
17. Pastor Maldonado (Venezuela) Williams - Cosworth 1 lap
18. Jarno Trulli (Italy) Lotus - Renault 1 lap
19. Heikki Kovalainen (Finland) Lotus - Renault 2 laps
20. Jerome d'Ambrosio (Belgium) Virgin - Cosworth 2 laps
21. Narain Karthikeyan (India) HRT - Cosworth 3 laps
22. Vitantonio Liuzzi (Italy) HRT - Cosworth 5 laps

Retired
Paul Di Resta (Britain) Force India-Mercedes 14 laps
Timo Glock (Germany) Virgin - Cosworth 58 laps

Sumber : Detiksport

No comments: