Friday, May 06, 2011

Kalah Tipis, Porto Tetap Lolos ke Final Liga Europa

FC Porto
Porto kalah tipis 2-3 dari Villarreal di leg kedua semifinal Liga Europa namun itu tidak menghalangi Porto untuk maju ke babak final setelah unggul agregat 7-4 karena pada leg pertama menang telak 5-1 atas Villarreal.

Dalam laga yang dihelat di El Madrigal Stadium, Jumat (6/5/2011) dinihar WIB, Villarreal punya beban untuk menang 4-0 agar membalikkan keadaan, setelah kalah 1-5 di pertemuan pertama.

Babak pertama mereka unggul 1-0 lewat gol Cani lebih dulu sebelum disamakan Hulk. Di awal babak kedua Radamel Falcao membawa Porto unggul.

Sebelum akhirnya gol Joan Capdevilla dan penalti Giuseppe Rossi membuat El Submarino menang 3-2. Tapi akhirnya mereka gagal lolos karena kalah agregat.

Dengan kemenangan ini Porto akan bermain pada laga final di Dublin Arena 18 Mei melawan sesama wakil Portugal Braga, yang menang agregat gol tandang atas Benfica.

Jalannya pertandingan

Di menit ke-3 Porto buat peluang pertama lewat tembakan keras Christian Rodriguez yang masih menyamping di sisi kiri gawang Diego Lopez.

Villarreal kemudian mengambil alih laga dengan beban harus mencetak empat gol demi tiket final. Di menit ke-7 Cani melepaskan tembakan yang memaksa Helton melakukan penyelamatan sambil terbang.

Pada menit ke-16 Villarreal mencuri gol. Umpan tarik dari Marco Ruben diselesaikan dengan manis oleh Cani untuk menjebol gawang Helton. Villarreal butuh tiga gol lagi untuk lolos ke final.

Di menit ke-22 Giuseppe Rossi melepaskan diri dari kawalan dua pemain lawan sebelum melepaskan tendangan yang sayang arahnya masih tepat di pelukan Helton.

Rossi! Sebuah peluang emas didapat Villarreal di menit ke-32 saat ia tinggal berhadapan dengan Helton dan Cani yang ada di sampingnya berdiri dengan bebas. Namun ia memilih untuk mengeksekusi sendiri bola itu dan malah menyamping di sisi gawang.

Porto akhirnya mendapat gol tandang mereka di menit ke-40 saat tembakan dari Hulk yang sebenarnya tidak kencang mengarah ke gawang. Tapi karena terbentur Musacchio, bola berbelok dan Lopez yang sudah mati langkah, tak mampu menepisnya.

Dua menit setelah restart Porto berbalik unggul lewat Falcao. Usaha Rolando dari sayap kanan mengirimkan umpan silang tak disia-siakan Falcao. Usai menerima bola di kotak penalti, tak terkawal striker Kolombia itu menceploskan bola ke jala Lopez.

Pada menit ke-56 tembakan keras Santi Cazorla dari jarak 25 yard masih bisa ditepis Helton.

Free kick Guarin di menit ke-64 dari jarak 40 yard masih menerpa mistar gawang Lopez.

Villarreal menyamakan kedudukan di menit ke-74 lewat tembakan kaki kiri Capdevilla dari jarak dekat, memaksimalkan umpan silang rekannya.

Enam menit setelanya tuan rumah mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran Nicolas Otamendi terhadap Ruben. Rossi dengan dingin sukses mengelabui Helton dan bikin timnya kini unggul 3-2.

Susunan pemain

Villarreal: Diego Lopez, Musacchio, Nilmar (Senna 66'), Santi Cazorla (Marchena 57'), Marco Ruben, Cani, Capdevilla, Matilla (Mubarak 57'), Bruno Soriano, Rossi, Mario Gaspar.

Porto: Helton, Alvaro Pereira, Guarin, Joao Moutinho (Souza 52'), Falcao, Cristian Rodriguez (J. Rodriguez 32'), Hulk, Rolando, Sapunaru, Fernando (Ruben Micael 61'), Otamendi.

Sumber : Detiksport

No comments: