Thursday, November 18, 2010

Pakai Seragam Baru, Spanyol Dicukur Portugal 4-0


Juara Dunia 2010 dan Juara Eropa 2008 Spanyol secara mengejutkan mengalami kekalahan telak 0-4 atas Portugal pada laga persahabatan di Estadio do Sport Lisabon Kamis (18/11). Ini merupakan kekalahan telak kedua yang dialami Spanyol dalam dua bulan terakhir dimana pada bulan September lalu Spanyol juga dihantam Argentina 1-4.

Kekalahan Spanyol ini menjadi awal yang buruk setelah dua hari sebelumnya skuad la Furia Roja ini mengumumkan kostum tim terbarunya dan untuk pertama kalinya kostum baru tersebut dipakai dalam pertandingan melawan Portugal. Selain itu, kekalahan ini menjadi pukulan tersendiri pula karena FIFA baru saja menetapkan Spanyol sebagai tim nasional terbaik dunia saat ini.

Sementara bagi Portugal kemenangan ini menjadi pembalasan atas kekalahan 0-1 yang pernah didapat dari Spanyol saat tampil di Piala Dunia lalu.

Tampil dihadapan publiknya sendiri, Portugal berusaha menampilkan permainan cepat. Nani sempat saja memberikan gol di awal laga jika tendangannya tidak cepat ditepis oleh kiper Spanyol Iker Casillas. 


Tapi Spanyol yang turun dengan seluruh kekuatan terbaiknya mampu menunjukkan dominasinya kepada para pemain Portugal. Andres Iniesta menjadi inspirator dalam mengatur ritme permainan bagi tim tamu.

Sayangnya, Spanyol yang mengandalkan David Villa di depan tetap tidak mampu membongkar barisan pertahanan Portugal yang dikomandani oleh Ricardo Carvalho.

Sebaliknya Portugal di penghujung babak pertama mampu meraih gol ke gawang Spanyol. Adalah Martins yang tidak membuang lagi kesempatannya untuk membobol gawang Casillas dari jarak 12 yard.

Selanjutnya ketika memasuki babak kedua, Portugal menjadi lebih termotivasi besar lagi untuk menunjukkan yang terbaik kepada publiknya. Empat menit pertandingan baru berjalan, Postiga membuat gemuruh penonton kian terdengar jelas setelah bola yang diarahkannya ke gawang lawan tak mampu dihalau oleh Casillas.

Postiga kembali lagi melanjutkan penderitaan Spanyol di menit ke-68. Umpan yang diberikan oleh Danny dari sisi sebelah kanan dengan cermat dituntaskan lagi oleh Postiga ke gawang Casillas.

Spanyol menjadi kian frustrasi. Sejumlah perubahan yang telah dilakukan pelatih Vicente del Bosque ternyata tetap tidak mampu mengubah ritme permainan. Memasuki injury time, kegelisahan Spanyol mengalami kekalahan telak menjadi lengkap usai Almeida membobol lagi gawang Casillas.  


Susunan Pemain:

Portugal: Eduardo (Rui Patricio '45); Ricardo Carvalho (Pepe '45), Bruno Alves, José Bosingwa, Joao Pereira, Raul Meireles, João Moutinho, Carlos Martins (Manuel Fernandes '63), Cristiano Ronaldo (Danny '45), Hélder Postiga (Hugo Almeida '76), Nani (Paulo Machado '88).

Spanyol: Iker Casillas; Carles Puyol (Álvaro Arbeloa '73), Gerard Piqué (Carlos Marchena '45), Joan Capdevila, Sergio Ramos, Sergio Busquets, Xabi Alonso (Santi Cazorla '58), Xavi (Cesc Fábregas '45), Andrés Iniesta (Fernando Llorente '58), David Villa (Fernando Torres '45), David Silva.

No comments: