Monday, April 04, 2011

Menpora Fasilitasi Pemain LPI Ke Timnas

Irfan Bachdim
Upaya agar pemain yang bermain di LPI bisa memperkuat Timnas terus dicarikan jalan keluar. Yang terbaru adalah Menpora dan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) sudah melakukan pembicaraan dengan Badan Tim Nasional (BTN). Bagaimana upaya tersebut?

Deputy bidang teknik BTN Iman Arif mengatakan, ada wacana pemain-pemain LPI yang memenuhi syarat untuk ikut seleksi timnas seperti Irfan Bachdim (Persema Malang) dan Andik Vermansyah (Persebaya 1927) nantinya akan dicarikan solusi dengan pindah ke klub Indonesia Super League (ISL).

"Hal ini sudah kami bicarakan dengan Kemenpora dan satlak Prima. Secara prinsip mereka setuju. Tinggal mekanismenya yang akan kita bicarakan lagi secepatnya," kata Iman Arif.

Mantan ketua BTN ini menyatakan, Kemenpora sudah Saltak Prima sudah menyatakan akan memfasilitasi rencana tersebut. "Pemain LPI yang diusulkan masuk ke timnas akan difasilitasi oleh Kemenpora dan Satlak Prima untuk masuk ke liga yang diakui oleh FIFA," sambungnya.

Melihat usia, Irfan Bachdim dan Andik Vermansyah masih bisa masuk dalam skuad timnas SEA Games 2011 ( U-23). "Jika sudah ada kata sepakat, kontrak mereka diambil alih saja sesuai kontrak terakhir. Saya yakin klub ISL tidak akan keberatan menerima mereka," bebe Iman.

Iman Arif mengungkapkan, dalam situasi seperti ini, demi kepentingan bangsa dan demi timnas Merah Putih, semua harus bersatu untuk mencari solusi terbaik dan sesuai aturan FIFA. Demi timnas, pihak-pihak yang selama ini berbeda pendapat harus menyisihkan ego dan kepentingannya masing-masing.

Meski sudah ada beberapa nama pemain LPI yang disebut-sebut layak diberi kesempatan bergabung dengan Skuad Garuda, Iman Arif menegaskan jika pemanggilan pemain sepenuhnya adalah otoritas pelatih Alfred Riedl. Riedl sendiri saat ini masih berlibur di Negara asalnya, Austria, dan baru akan kembali ke Indonesia pekan depan. "Bilamana sudah masuk system, pelatih dan BTN akan memberikan kesempatan seleksi sesuai dengan prosedur yang berlaku," papar Iman Arif.

Bulan lalu, BTN sudah mengumumkan 20 nama pemain calon penghuni skuad SEA Games 2011. Mereka akan berkumpul di Jakarta pada 25 April mendatang untuk cek kesehatan. Selanjutnya mereka akan mengukuti program character building di Batujajar selamas sekitar dua pekan dan pertengahan Mei timnas akan menjalani pemusatan latihian selama satu bulan di Austria.

Sebelum berangkat ke Austria, BTN dan Alfred Riedl akan mengumumkan lagi lima pemain baru yang dipanggil untuk menggenapi tim menjadi 25 pemain. Seperti yang sudah diputuskan, demi meraih target medali emas SEA Games November mendatang, timnas akan menjalani pemusatan latihan tertutup. Artinya, para pemain yang dipanggil timnas tidak boleh lagi memperkuat klubnya masing-masing.

Sumber : JPNN

No comments: