Thursday, March 17, 2011

Perempat Final Liga Champions Didominasi Inggris

Liga Champions memasuki babak perempat final dimana delapan klub sudah lolos babak ini. Inggris kembali mendominasi dengan menempatkan tiga wakilnya, sementara dua tim berhasil membuat kejutan.

Chelsea dan Real Madrid menjadi dua tim terakhir yang mendapat tiket ke perempatfinal. The Blues dinihari tadi bermain imbang 0-0 kontra Kopenhagen yang membuat mereka menang agregat 2-0, sementara Los Merengues menggasak Lyon 3-0 (aggregat 4-1).

Keduanya menyusul Tottenham Hotspur, Schalke 04, Shakhtar Donetsk, Barcelona, Manchester United dan Inter Milan yang sudah lebih dulu melewati hadangan babak 16 besar.

Kehadiran MU, Spurs dan Chelsea di perempatfinal menjadikan Premier League sebagai kompetisi yang paling banyak menyumbang klub di perempatfinal. Mereka mengungguli La Liga Primera yang diwakili dua klub terbaiknya; Madrid dan Barcelona.

Tiga tim sisanya datang dari tiga kompetisi yang berbeda. Shakhstar dari Liga Ukraina, Schalke sebagai wakil Bundesliga dan Inter Milan yang menjaga kehormatan Seri A.

Keberhasilan Liga Inggris menempatkan tiga klubnya melanjutkan sukses mereka yang dalam beberapa musim terakhir selalu menempatkan wakil paling banyak di babak-babak akhir Liga Champions. Kecuali musim 2009/2010, di mana cuma ada dua wakil Inggris di perempatfinal, sejak musim empat tahun lalu Premiership paling tidak mengirim tiga klub hingga delapan besar.

Di samping dominasi tim Inggris, hal lain yang menarik di perempatfinal adalah munculnya dua tim kejutan, Shakhtar Donetsk dan Tottenham Hotspur.

Shakhtar lolos setelah mengalahkan AS Roma dengan agregat mutlak 6-2. Sementara Spurs jadi kuda hitam yang layak disegani usai mendepak AC Milan dengan agregat 1-0.

Khusus Spurs, bahkan sejak fase grup mereka sudah menjadi kekuatan yang mengerikan saat mampu menundukkan Inter Milan dengan skor 3-1 di White Hart Lane.

Drawing untuk laga perempatfinal akan digelar pada Jumat (18/3/2011) besok di markas UEFA yang terletak di Nyon. Dengan tidak adanya sistem unggulan dan tim dari satu negara bisa saling berhadapan, maka segala skenario pertemuan kedelapan tim di atas sangat mungkin terjadi.

Leg pertama babak perempatfinal akan dilangsungkan pada 5 dan 6 April. Sementara leg kedua dihelat sepekan berselang, 12 dan 13 April.

Sumber : Detiksport

No comments: